Info : Jenis Ban Balap Super Moto - Moto Dekil

Latest

All about motor trail Indonesia, dan pecinta trail yang berada di Indonesia berisikan Info dan tips tentang dunia trail

Ads

Advertisement

Tuesday, January 23, 2018

Info : Jenis Ban Balap Super Moto




whats up gess.... pada artikle kali ini, saya ingin sharing sedikit tentang jeni ban yang di gunkan dalam balapan Super Moto, mungkin sebagai orang awan kita cuman tahu kalau SuMo itu motor trail yang di pakaikan ban road, tetapi dalam dunia balap itu ternyata berbeda. karena dalam kompetisi karena kecepatan dalam melibas tikungan dan sudut tikungan track pun sangat berbeda. 


Dan faktanya ban balap supermoto adalah bukan ban balap biayasa, dan mencari info di internet tentang ke khususan ban super moto ini. Kalau di bandingin ban motor GP ya tentunya jelas beda gan, jelas kecepata dan cornering beda, kalau di motogp dibutuhkan ban yang mampu stabil di kecepatan di atas 250km/jam dan tikungan jauh seperti halnya pada sirkuit Philip Island, dan SuperMoto srikuitnya lebih kecil dan tikunggannyapun sempit patah seperti tusuk konde, dan hannya mampu dilalui dengan kecepata 20km/jam, dan bobot motorpun jauh lebih ringan dari MotoGp, hal inilah menjadi dasar kekhususan ban motor track ini.

Kompond Karet Ban.

Untuk karen ban yang digunakan track supermoto ini kompun tersebut harus bisa lengket pada suhu yang rendah, dan mampu menahan bobot motor yang ringan, kalau di bandingkan dengan super bike, compond harus bisa menaha beban motor dan kecepatan tinggi, tentunya membutuhkan compond yang bebeda di sini.

Sruktur Ban.

Struktur ban kalau dalam superbike dibutuhkan truktur ban yang lebar, agar stabil pada kecepatan yang tinggi, artinya kelihatan ban tersebut meng-kotak dan tipis, karena lebar ban dan tinggi jaraknya jauh, contoh 120/60 X 17, sedangkan pada supermoto struktur ban yang di gunakan cenderung bulat atau men-donat, karen permukaan sisi pinggir ban banyak digunakan untuk power slide, serta meliuk2 melibas tikungan pendek.



Pesamaan dari jenis ban super bike dan supermoto adalah ban tersebut menggunakan permukaan slick, dan bebentuk bilat(hahahaha), tentunya perbadaan adalah compond ban tersebut karena supermoto juga akan melibas track yang permukaannya tanah. sekian artikel ini saya buar semoga menambah pengetahuan agan agan sekalian.

No comments:

Post a Comment