Tips Untuk Memilih Motor Trail - Moto Dekil

Latest

All about motor trail Indonesia, dan pecinta trail yang berada di Indonesia berisikan Info dan tips tentang dunia trail

Advertisement

Sunday, October 5, 2014

Tips Untuk Memilih Motor Trail

TIPS MEMILIH MOTOR TRAIL Ala Motor Dekil
 
Bagi Anda yang hobby trail adventure, ada beberapa pilihan motor trail yang bisa digunakan. Pada dasarnya motor trail ada tiga jenis :
- motor trail hasil modifikasi dari motor standard
- motor trail standard lokal
- motor trail built-up

Untuk memilih motor trail yang cocok dengan Anda, pertimbangkan beberapa hal berikut :
- anggaran dana
- skill Anda mengendarai motor trail
- kebiasaan Anda mengendarai motor trail

Untuk Anda yang mempunyai anggaran dana terbatas, Anda dapat memilih jenis motor pertama dan kedua. Motor jenis pertama biasanya adalah modifikasi Yamaha RX, Suzuki Satria, Honda GL dan Kawasaki Ninja. Syarat untuk melakukan modifikasi motor standard menjadi motor trail adalah : pajak motor harus berlaku dan selalu dibayar, jangan motor curian yang dimodif, itu melanggar hukum, pengelasan harus sempurna, mesin harus sehat, filter karburator wajib terpasang agar tidak klepek kalau nyemplung sungai, pengapian harus sempurna, dan estetika bentuk harus enak dilihat jangan sampai trail Anda kayak kompor berjalan.
Anda yang mempunyai dana cukup, lebih baik memilih motor trail lokal : Suzuki TS 125 2 tak (sayang banget Suzuki ngambek nggak bikin TS lagi), Kawasaki KLX 150, Loncin, Kanzen, Monstrak, Bosowa-Hyosung. Kelebihan motor ini : Spare-part mudah dicari, akselerasi TS cukup baik, bobot TS ringan. Kekurangan motor lokal 4 tak ini adalah akselerasi kurang kuat, bobot yang berat sehingga cepat ngos-ngosan.
Untuk anda yang mempunyai dana lebih, saya sarankan Anda menggunakan motor trail built-up. Pilihannya adalah KTM 200 EXC, KTM 250/300 EXC, Kawasaki KLX 250, Yamaha WRF 250, Honda CRF 250, Trial Gasgas. Motor ini cukup banyak digunakan adventurer di Indonesia. Selain bobot yang ringan, akselerasi sempurna. Kekurangan motor ini hanya pada harga yang relative mahal dan spare-part susah dicari.
Anda yang mempunyai skill pas-pasan saya sarankan memilih jenis motor pertama dan kedua, sedangkan Anda yang memiliki skill cukup baik saya sarankan menggunakan motor trail built-up.
Motor Special Engine (SE) kurang enjoy kalau digunakan adventure karena harus putaran tinggi, kalau putaran rendah motor SE tidak bertenaga.
Kalau kebiasaan Anda merayap di bebatuan, saya sarankan menggunakan Trial Gas-gas.
Baik, yuk kita Adventure.

No comments:

Post a Comment