Mesin : 2T dengan 4T - Moto Dekil

Latest

All about motor trail Indonesia, dan pecinta trail yang berada di Indonesia berisikan Info dan tips tentang dunia trail

Advertisement

Thursday, May 22, 2014

Mesin : 2T dengan 4T

Salam satu jalur,, pada kesempatan kali ini ts akan sharing tentang bagai mana sih mesin 2T dan 4T bekerja, untuk orang awam mungkin tidak mengetahui bagai mana kedua mesin ini bekerja, kenapa mesin pada motor 2T mesti di isi oli dan 4T tidak, dan kenapa design knalpot pada mesin 2T ada gelembung kyang gondok dan 4T tidak, mari kita bahas.

Kiri gamabar mesin 2tak dan kanan mesin 4tak.


--2T, mesin 2 kali langkah kompresi, menbutuhkan campuran oli udara dan bahanbakar untuk melakukan ledakan kompresi. pastinya lebih ringan dari pada mesin 4t yang komponennya lebih bnyak dan lebih beragam. langsung saya kita ke system kerjanya. di bawah ini gambar systemkerja mesin 2T. 
dari gambar di atas bisa di lihat gas yang sudah tercampur dengan bahan bakan melewati bandul bawah dan mengunakan gerakan piston untuk memasukan gas td ke ruang bakar, dan disinilah fungsi dari kenapa bensin BB(Bahan Bakar) td isi dengan oli agar dapat melumasi piston tadi. dan design knal pot yang mengelembung sebagai penahan kompresi agar tetap padat dan dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.



--4T, Mesin 4 T, sedikit lebih komplek dari pada mesin 2T, degan mengunakan Camshaft ? Noken pengatur bahan bakar dan udara untuk mengatur kompresi ruang bakar. untuk penjelasnnya langsung saja saya tampilkan animasi di bawah ini.
Kuning = bahan bakar + Udara O2
Abu = Co2
Merah Kedip2 = api yang di hasilkan busi

untuk lebih jelasnya mari tengok vidio di bawah ini.
untuk aplikasi dan pemilihan untuk moto cross coba klik disini.

No comments:

Post a Comment