Cara pasang Oil Cooler di Motor C70 / Seri Mesin Gonda Grand - Moto Dekil

Latest

All about motor trail Indonesia, dan pecinta trail yang berada di Indonesia berisikan Info dan tips tentang dunia trail

Ads

Advertisement

Tuesday, August 18, 2020

Cara pasang Oil Cooler di Motor C70 / Seri Mesin Gonda Grand

Sebagai ride motor pastinya pernah melihat oil cooler atau pendingin oli, yang paling kita bisa lihat di motor Suzuki Satria FU 150 lama. Yup tanpa panjang lebar lagi kita langsung saja ke inti dari artikle ini.

sebelum kita memulai marika kita persiapkan bahan bahan dulu yak, yang paling utama ialah pastinya kita harus mempersiapkan oil cooler itu sendiri. dan pasikan untuk pompa oli motor teman teman itu aktif, untuk motor saya masih menggunakan pompa oli standar motor tidak ada di rubah apa apa.  dan tidak lupa saya membeli baut dari oil cooler itu sendiri dengan 4 ringnya. 



oil cooler ini bisa teman teman dapatkan di market place, untuk harga silahkan check masing masing yah... karena harga bisa berubah ubah. kemudian teman teman harus mempersiapkan Adptor dari jalur oil motor, disini ada dua jenis adaptor. 
karena saya tidak ada banjo yang untuk type adaptor model 1, jadi saya menggunakan yang model no 2. seperti yang di atas teman teman bisa membeli perlengkapan ini di market place yang teman teman sukai. 

dan kemudian untuk selang saya menggunakan yang type selam bening ada serat fiber, selang ini teman teman bisa beli di toko teknik. atau toko kompresor byasanya di jual dengan harga per-meter sekitar 8-10rb. dan tidak lupa juga saya membeli selang seukuran selang aki untuk menambah diameter luar dari lubang adaptor oil cooler, karena ukuran diameter dalam dari selang yang saya beli kira 6mm, sedangkan ukuran diameter luar dari adaptor itu hannya 4mm, jadi selang aki ini saya akan gunakan sebagai penambah diameter luar dari adaptor. 


Kemudian saya juga mempersiapkan Klem dengan diameter sekitar 8mm dengan jumblah 4 biji, masih membelinya di toko teknik tadi, kalau teman teman ragu, bisa langsung cocokan desana sekalian. 

Setelah itu saya membeli nepel adaptor oil coolermarket place, ini harganya cukup mahal karena barang sedikit langka. kira2 sepasang sampai 150rb. 

selanjautnya teman2 merakit dari oilcooler itu sendiri, tidak lupa ke tukang las untuk mengelas untuk pegangan oil coolernya. atau bisa juga bikin seperti di vido saya ini.



Cara pasang alternatif tanpa nepel runcing

kalau teman2 sulit mendapatkan nepel runring sepeti di atas, temen2 bisa membeli dua buah nepel kuningan, tetapi saya hannya dapat nepel yang menggunakan drat kasar sedangkan untuk lobang oil cooler itu menggunakan drat halus, jadi saya juga membeli sambungan nepel dengan drat halus. 
yang gambar dibawah ini menggunakan drat halus.
dan memodifikasi dengan cara ini.




untuk pemasangan lebih detail silahkan simak video di bawah ini.
sekian dulu teman teman untuk artile kali ini, kalau ada pertanyaan bisa langsung DM ke motodekil di IG atau di facebook page.motodekil.

sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment